Kamis, 20 November 2014

“SANITASI"

07.16



            Seperti pernah dengar,tapi apa artinya ya? Untuk apa juga? Sepenting apa sih? Bagaimana sih cara mempraktekkannya dalam kehidupan sehari hari?

            Mungkin itulah pertanyaan sekilas yang pernah kita ucapkan ketika mendengar kata sanitasi,Juga kita pasti langsung berfikir bahwa sanitasi itu pasti berhubungan dengan yang namanya sampah dan hal lain yang berbau kotor,Nah! Pola pikir itu yang harus kita rubah mulai sekarang. Yap! Sanitasi akan kita bahas hari ini.


1. APA SIH SANITASI ITU?

             

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia arti sanitasi adalah usaha untuk membina dan menciptakan suatu keadaan yg baik di bidang kesehatan, terutama kesehatan masyarakat dengan cara menyehatkan lingkungan hidup manusia terutama lingkungan fisik, yaitu tanah, air, dan udara.Intinya,sanitasi itu adalah perilaku untuk berbudaya hidup bersih sehingga nantinya nih dapat tercipta lingkungan hidup yang bersih,sehat dan indah.

Juga,sangat perlu dilakukan gerakan aksi sanitasi untuk kehidupan yang lebih baik, menjaga air dan bijak memanfaatkan energi, demi masa depan kita, dan juga anak cucukita kelak.Sanitasi juga dapat kita bagi menjadi 3 bagian yaitu : pertama tentang Drainase kedua,  tentang Air Limbah dan ketiga, tentang Persampahan

 Oleh karena itu,sanitasi juga sangat berhubungan besar dengan kesehatan manusia jadi, jika kita ingin sehat kita harus peduli sanitasi mulai dari sekarang! =)

2. UNTUK APA DAN SEPENTING APASIH SANITASI ITU?

            Jika kita sudah sangat memahami tentang sanitasi secara mendalam pasti kita dapat merasakan betapa pentingnya sanitasi dalam kehidupan kita khususnya dalam kehidupan bermasyarakat. Bahkan jika kita melihat kondisi Negara kita saat ini kita harus terus melakukan gerakan aksi sanitasi sehingga nantinya dapat tercipta lingkungan hidup yang bersih,sehat dan indah.

            Sebenarnya dalam hal sanitasi kita dapat melakukan 3 hal yang nantinya dapat berperan sebagai solusi untuk kehidupan sanitasi yaitu  pertama tentang Drainase dengan metode 3M (Menampung, Meresapkan dan Mengalirkan), kedua,  tentang Air Limbah, MCK Sehat kita Sehat, dan ketiga, tentang Persampahan dengan metode 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

A. DRAINASE
       
 Dalam hal drainase kita dapat menangani hal tersebut dengan metode 3M yaitu Menampung,Meresapkan dan Mengalirkan.Pertama,kita harus menampung air agar air hujan tidak seluruhnya terbuang ke saluran drainase,maka kita bisa menampung untuk berbagai kebutuhan,seperti air minum,pengairan dan cadangan air.Bahkan dengan bantuan sumur resapan air hujan dapat diserapkan ke dalam tanah,sehingga membantu mengisi air tanah pada musim kemarau.Dan tentunya air hujan juga dialirkan melalui saluran drainase sehingga tidak menggenang dan mengganggu aktifitas masyarakat

Untuk lingkungan yang sangat padat penduduknya dan sulit membangun sumur resapan,dapat digunakan kolam penampung. Air hujan dari lingkungan sekitar ditampung di suatu lahan khusus, misalnya danau kecil atau kolam. Yang dialirkan ke sungan hanyalah sisa air yang tidak tertampung di situ. Kolam penampungan ini dapat dimanfaatkan untuk perikanan maupun sarana rekreasi juga loh! Asal,selalu terjaga kebersihannya dan tidak di kotori sampah.

Oleh karena itu,air hujan yang jatuh ke lingkungan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan harus langsung terserap kembali ke dalam tanah,sisanya akan dialirkan ke saluran drainase. Sebagian besar air tergenang yang terjadi di lingkungan kita akibat saluran drainase yang tersumbat sampah . lalu,Apa yang harus kita lakukan supaya drainase lancar? Yap! Terutama,tidak membuang sampah,walaupun hanya selembar plastic,ke saluran drainase. Kemudian kita membersihkan saluran drainase dari sampah dan endapan lumpur secara teratur. Jadi,AYO KITA BANGUN DRAINASE BEWAWASAN LINGKUNGAN!

B. AIR LIMBAH, MCK SEHAT KITA SEHAT

Dalam masalah air limbah khususnya MCK pasti berhubungan dengan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) oleh karena itu dalam hal MCK kita harus selalu menyebarkan virus STOP BABS ( Jangan Buang Air Besar Sembarangan ). Yang termasuk buang air besar sembarangan adalah buang air besar di semak-semak,sungai,saluran drainase,kakus cubluk yang tidak mempunyai tangkiseptik. Semua cara itu tidak sehat karena kotoran kita bisa kemana-mana. Bisa saja kotoran kita dimakan ayam,dihinggapi lalat atau serangga lain yang terbang ke makanan kita. Tentu itu tidak sehat dan dapat menimbulkan banyak penyakit,karena di dalam kotoran kita terdapat banyak kuman penyakit,yang denagn mudah menular.
Salah satu penyakit yang sering terjadi jika kita tidak mengelola limbah dengan benar yaitu, masalah diare. Dari penelitian WSE-EAP pada tahun 2008,tercatat telah terjadi 120 juta kasus diare! Oleh karena itu,

STOP BABS ! MCK SEHAT KITA SEHAT!


C. PERSAMPAHAN

3R! REDUCE,REUSE,RECYCLE! Yap. Dengan metode 3R tersebut kita dapat menangani masalah sampah. Sebelum itu, Bagaimana sih cara menangani sampah? Kita harus segera mengelola sampah sebelum sampah itu menimbulkan masalah! Pertama, Buang sampah pada tempatnya Kedua, Lakukan gerakan 3R. Ketiga, Pilah sampah sesuai jenisnya untuk mempermudah didaur ulang. Sekarang kita akan membahas APA ITU 3R? 3R terdiri dari Reduce,Reuse dan Recycle. Pengenalan metode Reduce yang berarti kita harus mengurangi sesuatu yang mengakibatkan sampah atau berprilaku efisien, seperti mengganti tissue dengan sapu tangan, print preview sebelum mencetak,  baca  buku atau koran online, Menggunakan produk yang dapat diisi ulang (refill). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali, Mengurangi penggunaan bahan sekali pakai, dan Menggunakan e-mail (surat elektronik) untuk berkirim surat.

Pengenalan metode Reuse berarti kita dapat menggunakan kembali sampah yang masih dapat digunakan dalam fungsi yang sama atau digunakan dalam fungsi lain, contoh; memberikan baju-baju layak pakai kepada orang lain yang membutuhkan, Lebih senang menggunakan sapu tangan dari pada menggunakan tisu, menggunakan tas belanja dari kain dari pada menggunakan kantong plastik, dan menggunakan sisi kertas yang masih kosong untuk menulis.

Pengenalan metode Recycle berarti kita harus mendaur ulang sampah menjadi produk baru yang lebih bermamfaat. Pekerjaan mendaur ulang sampah khususnya sampah organik  adalah pekerjaan paling mudah karena dapat dikerjakan oleh setiap orang, seperti dijadikan kompos atau pupuk cair sedangkan sampah non organik seperti bekas botol plastik dapt didaur ulang menjadi biji plastic dan sampah kertas untuk dijadikan kertas daur ulang. Untuk konsep persampahan akan kita bahas lebih rinci,next time yaa =)


3. BAGAIMANA CARA MEMPRAKTEKKANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI?

Sebenarnya, dalam hal sanitasi kita dapat memulai dari hal yang paling kecil, bahkan paling tidak sebagai contoh kita dapat menjelaskan kepada teman-teman dan warga sekitar untuk mempraktekkan dan membudayakan cuci tangan pakai sabun (CTPS) pada lima waktu penting yakni, CTPS setelah buang  air besar (BAB), CTPS setelah menceboki pantat anak, CTPS sebelum menyiapkan masakan,  CTPS sebelum makan, dan CTPS setelah memegang hewan. Maka kotoran, virus atau bakteri sebagai sumber penyakit dapat dicegah masuk kedalam tubuh kita. Setelah kita memulai dari hal yang paling kecil nantinya kita dapat membiasakan diri berperilaku sanitasi sehingga nantinya kehidapan bersanitasi dengan lingkungan yang bersih,sehat dan indah akan tercipta dengan sendirinya. :))

4.KUNCI INDAHNYA SANITASI

            Nahh..sebenarnya untuk menciptakan suatu kehidupan bersanitasi,kita harus merubah pola pikir (mind set) kita tentang sanitasi yang awalnya kita menganggap sanitasi adalah suatu hal yang berhubungan dengan sampah dan sesuatu yang berbau kotor,Memang benar! Tetapi, jika kita dapat mengelola sanitasi dengan baik di lingkungan rumah,sekolah maupun masyarakat maka sanitasi yang awalnya buruk akan berubah menjadi INDAHNYA SANITASI =)
      Dan kita selalu ingat bahwa sesuatu yang berat akan menjadi ringan jika dikerjakan secara bersama-sama, oleh karena itu mari kita wujudkan sanitasi dilingkungan yang bersih dan sehat, bersama-sama semua lapisan, mulai dari unsur pelajar, masyarakat, pemerintah dan kalangan swasta bahkan akan semakin baik kalau semua berperan sebagai penyebar virus sanitasi.
 Pada akhirnya seandainya semua orang sudah paham dan tahu tentang manfaat sanitasi serta dapat dilakukan dan dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari maka betapa indahnya sanitasi itu, karena pada hakekatnya sanitasi atau kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

AYO PEDULI SANITASI! SANITASI SEHAT,ANAK INDONESIA SEHAT!

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar:

  1. Halo, Maya.. aku gak tau kamu bakal baca atau nggak. Aku lagi nyari gambar materi 3M buat ujian teknik lingkungan besok. eh ternyata gambarnya dari blog kamu wkwkwk

    BalasHapus

 

© 2013 Nabila Maya Faisa. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top