Kamis, 27 November 2014

Apa itu Jambore Sanitasi?

14.06


Jambore Sanitasi adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum, untuk menyiapkan Duta atau penyuluh sanitasi muda yang akan berperan aktif dalam pembangunan masyarakat peduli sanitasi secara berkelanjutan.

logo jambore sanitasi

Upaya pencapaian target MDGs (62,41% pada tahun 2015) bidang sanitasi terus dilakukan dengan meningkatkan penyediaan prasarana dan sarana sanitasi di seluruh Indonesia. Namun pembangunan sanitasi tidak hanya masalah infrastruktur, perlu dukungan dari seluruh stakeholder melalui peningkatan kesadaran – edukasi dan kampanye perubahan perilaku untuk peduli sanitasi.
Kampanye peduli sanitasi diwujudkan dalam kegiatan Jambore Sanitasi Nasional yang telah dilaksanakan setiap tahunnya dari sejak tahun 2008. Jambore Sanitasi Nasional merupakan program Direktorat Jenderal Cipta Karya – Kementerian Pekerjaan Umum. Acara Jambore Sanitasi Nasional diperuntukkan bagi siswa pelajar dari umur 7 – 15 tahun yang dinilai usia yang efektif sebagai duta atau agen perubahan untuk meningkatkan kondisi sanitasi yang lebih baik di lingkungan sekolah dan rumah. Harapannya, Peduli Sanitasi bisa menumbuhkan generasi penerus bangsa yang lebih sehat, cerdas, sejahtera dan mampu bersaing di dunia internasional.
Gerakan peduli sanitasi dimulai dengan pemilihan duta sanitasi di setiap provinsi di Indonesia. Pemilihan duta sanitasi menjadi kebanggaan bagi anak-anak Indonesia karena selain mendapat pengetahuan yang lebih luas tentang bidang sanitasi (air limbah, sampah, drainase) juga dapat mengunjungi Istana Negara atau Istana Wakil Presiden, berinteraksi dengan Ibu Negara untuk mendapatkan pesan-pesan langsung mengenai sanitasi.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

1 komentar:

  1. Hai Maya
    Aku Habsi inget nggak?
    Cie.. ini blog kamu ya kunjungi blog aq juga ya di gempar-gresik.blogspot.com

    BalasHapus

 

© 2013 Nabila Maya Faisa. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top